Yang Perlu Diketahui Tentang Investasi Emas

Inilah beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang investasi emas, sebagai salah satu aset yang aman dan tidak tergerus oleh inflasi.

Banyak orang menyadari bahwa logam mulia ini begitu istimewa. Mulai dari zaman dahulu hingga sekarang sudah banyak orang yang memanfaatkan emas untuk perdagangan, alat jual beli, dan pelindung nilai aset.

Emas menjadi salah satu aset finansial yang banyak diminati investor. Namun, tidak semua investor tahu semua hal tentang emas. Akibatnya, peran emas sering disalahpahami. Sebetulnya, apa yang perlu diketahui tentang emas?
Emas Murni menjadi salah satu investasi yang digemari oleh masyarakat

1. Emas Sebagai Alat Tukar

Harga emas di pasar berfluktuasi terhadap mata uang, seperti dolar, yen, atau euro. Emas berhubungan dengan mata uang dolar AS (USD) sebab emas sering kali diperdagangkan dengan menggunakan mata uang USD.

Hubungan antara harga emas dan nilai mata uang dollar (USD) adalah berkorelasi negatif, artinya ketika nilai USD melemah maka harga emas meningkat, dan sebaliknya.

2. Harga Emas tergantung dari Supply dan Demand

Berdasarkan analisis Gold Anti-Trust Action Committee (GATA) harga emas dipengaruhi oleh jumlah permintaan (demand) dan penawaran (supply) emas. Penawaran emas berasal dari produksi tambang emas dan penjualan emas dari bank-bank sentral.

3. Tambang Emas dan Permintaan Emas

Jika kita mengamati periode 1972-2007, harga emas mengalami peningkatan tetapi produksi emas sebetulnya tetap. Ada 2 penyebab utama untuk hal ini yaitu:
  1. Ketika trend harga emas turun, perusahaan tambang emas dipaksa untuk meningkatkan kualitas emas agar lebih baik akibatnya perlu menambang bijih dengan kualitas yang lebih bagus. Pada saat harga emas mulai naik, aktivitas tambang akan diubah dengan menambang bijih emas berkualitas rendah.
  2. Ketika periode harga emas mengalami penurunan, biaya eksplorasi turun. Jadi pada saat harga emas meningkat, hanya sedikit perusahaan tambang yang akan beroperasi. Perlu 7-10 tahun bagi perusahaan tambang dari penemuan bijih untuk mulai melakukan aktivitas tambangnya.

4. Korelasi Permintaan Emas untuk Perhiasan dan Bank Sentral

Yang terjadi meningkatnya permintaan perhiasan berbarengan dengan meningkatnya harga emas. Pada periode 1999-2000an permintaan perhiasan mencetak rekor tertinggi. Tetapi bukannya menguat, justru pasar emas melemah. Padahal berdasarkan hukum supply dan demand, meningkatnya permintaan suatu barang akan menyebabkan kenaikan harga barang tersebut. Ternyata pada periode 1999-2000an fenomena ini diakibatkan permintaan emas tersebut berasal dari bank-bank sentral untuk menyimpan emas sebagai cadangan moneter.

Beberapa penyebab Bank Sentral menambah emas untuk cadangan moneter adalah sebagai berikut:
  1. Pemberlakuan Kebijakan Moneter. Kebijakan moneter yang menmbuat meningkatnya permintaan emas, yaitu bank-bank sentral menentukan ukuran dan tingkat pertumbuhan supplai uang, yang nantinya akan berpengaruh pada keputusan tingkat suku bunga (interest rate).
  2. Perubahan Nilai Mata USD. Meskipun mata uang USD banyak dipakai sebagai cadangan moneter, ketika nilai mata uang AS melemah, banyak investor yang cenderung memilih emas karena dinilai lebih aman.
  3. Naik Turun Inflasi. Inflasi membuat nilai mata uang turun dan setiap tahun hampir dapat dipastikan terjadi inflasi. Banyak orang memilih emas untuk menjaga aset tidak tergerus akibat inflasi.
Demikian beberapa hal yang perlu diketahui tentang investasi emas. Seluk beluk investasi emas semoga menjadi sebuah artikel bermanfaat bagi pembaca. Selanjutnya baca hubungan antara inflasi dan emas.

Penasaran, baca info menarik ini :

Copyright © 2015-2016 Artikel Bermanfaat