Memilih Babysitter VS Daycare, manakah yang paling hemat?

Bagi orang tua yang super sibuk dan mempunyai anak balita umumnya kerap bermasalah apakah harus memilih babysitter vs daycare, diantara keduanya lebih hemat mana?

Bagi yang memiliki saudara di dekat rumah bisa mempercayakan untuk menjaga si kecil padanya. Tetapi jika anda dan pasangan anda adalah perantau yang tidak mempunyai saudara dekat, alternatifnya jasa pengasuh babysitter dan daycare menjadi pilihan yang rasional.

Meskipun babysitter cukup mengurangi problem mengasuh balita, tetapi tidak sedikit kasus yang muncul di berita tentang babysitter yang justru malah mencelakai anak asuhnya. Pertimbangan tersebut tentu saja menjadi kekhawatiran utama bagi orang tua yang awalnya mempercayakan pengasuhan si kecil kepada babysitter. Sehingga sebagian orang tua memilih memilih layanan Daycare yang relatif lebih aman.

credit to shutterstock
Diantara dua opsi memilih babysitter vs daycare, mana yang lebih baik dan hemat? inilah penjelasannya:

1. Gaji Babysitter Vs Biaya Daycare

Kita akan dapat menentukan mana yang lebih hemat dengan cara membandingkan biaya yang anda keluarkan untuk dua opsi tersebut.
  • Gaji babysitter di kota besar rata-rata sebesar Rp.2-3 juta per bulan. Gaji tersebut belum termasuk biaya makan, pakaian, bonus lainnya.
  • Biaya daycare di kota besar sebesar Rp.2-7 juta per bulan. Selain itu terdapat biaya ekstra, biaya akibat terlambat menjemput dan lainnya.
  • /

2. Biaya Makan Anak dan Mainan

Daycare mungkin membuat anda merogoh dompet lebih banyak daripada babysitter. Tetapi, daycare memang menawarkan fasilitas yang lebih baik, termasuk makanan dan mainan. Jika kita memilih daycare, maka kita tidak perlu dipusingkan dengan masalah makanan dan mainan.

3. Biaya Alat Pendukung Vs Biaya Transportasi

Jika anda memilih jasa babysitter, maka perlu biaya alat pendukung seperti CCTV untuk memonitor keamanan si kecil. Harga per unitnya sekitar Rp.500.000. Jika dipasang di kamar, ruang tv, dan halaman rumah maka perlu merogoh dompet sebesar Rp.1.500.000.

Sedangkan jika anda memilih daycare, biaya yang perlu anda alokasikan adalah biaya antar jemput dan transportasinya.

4. Fleksibilitas Biaya

Memakai jasa babysitter untuk merawat anak kita ternyata cukup ekonomis dan tidak perlu terlalu terburu-buru menjemput si kecil agar tidak terkena charge tambahan di daycare.

Jika di daycare, anda perlu disiplin agar tidak terlambat menjemput si kecil. Sebab jika terlambat, anda akan dibebankan biaya tambahan yang besarnya berbeda-beda di setiap daycare.

Jadi memilih babysitter atau daycare sebenarnya tergantung dari seberapa padat aktivitas dan seberapa banyak budget anda. Jika aktivitas anda super padat dan budget bukan menjadi masalah maka memilih daycare adalah pilihan yang tepat. Tetapi jika anda bukan pekerja super sibuk dan terkendala dengan budget sebaiknya memilih babysitter saja. Demikian tips kali ini dan semoga menjadi sebuah artikel bermanfaat.

Penasaran, baca info menarik ini :

Copyright © 2015-2016 Artikel Bermanfaat