Masalah Kartu Kredit Yang Biasanya Terjadi

Kartu kredit ibarat pisau bermata dua. Jika kita teliti menggunakannya maka kita akan merasakan ada manfaat penggunaan kartu kredit. Namun jika tidak maka anda dapat terlilit hutang kartu kredit dan dipusingkan dengan masalah kartu kredit.

Selain hati-hati menggunakan kartu kredit, anda juga perlu mengantisipasi masalah umum bagi pengguna kartu kredit. Apa saja masalah kartu kredit, berikut 6 masalah terbesar kartu kredit yang perlu anda waspadai.



1. Kesalahan atau biaya yang tidak sah di tagihan

Anda tidak perlu bertanggung jawab untuk melunasi biaya yang tidak sah akibat kesalahan penagihan. Segera laporkan ke bank agar dapat segera diproses secara baik-baik. Masalah ini biasanya dapat diselesaikan dengan menelpon call center atau datang langsung ke customer service bank.

2. Tingkat bunga terlalu tinggi

Semakin tinggi suku bunga maka semakin mahal biaya kartu kredit yang anda pegang. Jika anda memiliki skor kredit yang bagus, maka tidak ada alasan untuk membayar level bunga yang tinggi. Jadi pilihlah penerbit kartu kredit dengan suku bunga yang lebih rendah untuk manfaat finansial anda. Solusi mengatasi bunga kartu kredit yang tinggi yaitu dengan: balance transfer kartu kredit.

3. Kartu kredit ditolak

Alasan kartu kredit ditolak pada saat anda membayar transaksi dengan kartu kredit yaitu karena telah melampaui limit kredit, kartu kredit telah kadaluarsa, atau kartu kredit telah dibatalkan. Jika terjadi hal demikian maka anda dapat menghubungi call center kartu kredit untuk mengetahui penyebab pastinya. (Baca: Cara merubah transaksi menjadi cicilan kartu kredit)

4. Lupa bayar kartu kredit

Terkadang kita sering melupakan hal-hal yang sebetulnya amat penting. Lupa membayar kartu kredit akan mengurangi nilai kredibilitas anda. Solusinya hubungi call center dan customer service agar dilakukan auto debet untuk setiap tagihan kartu kredit anda. Dengan demikian, kita tidak akan dipusingkan untuk mengingat tanggal tagihan dan pembayaran kartu kredit.

5. Bertanggung jawab untuk penggunaan kartu kredit yang anda berikan untuk orang lain

Setiap pengguna kartu kredit bertanggung jawab untuk setiap transaksi dengan menggunakan kartu kredit. Jika anda tidak bersedia bertanggung jawab untuk penggunaan kartu kredit maka jangan berikan kartu kredit anda pada orang lain. Jika terjadi kehilangan kartu kredit maka segera hubungi pihak bank agar kartu kredit anda segera diblokir dan mintalah untuk diterbitkan kartu kredit yang baru.

6. Daya magnet kartu kredit sudah hilang

Seiring waktu atau kesalahan penempatan, daya magnet kartu kredit bisa saja hilang. Jika daya magnet sudah hilang maka kartu kredit tidak dapat dibaca pada saat transaksi, kecuali dilakukan transaksi manual oleh kasir dengan mencatat informasi kartu kredit. Jika sudah begini, maka anda perlu menghubungi pihak bank agar dapat diterbitkan kartu kredit baru untuk anda. (Baca: cara tutup kartu kredit BCA)

Itulah beberapa masalah kartu kredit yang biasanya terjadi pada pengguna kartu kredit. Jika masalah kartu kredit terjadi pada maka jangan hanya diam, segera hubungi bank penerbit kartu kredit sehingga masalah dapat diselesaikan dengan baik. Semoga penjelasan tersebut diatas menjadi sebuah artikel bermanfaat bagi anda.

Penasaran, baca info menarik ini :

Copyright © 2015-2016 Artikel Bermanfaat