Pengertian Kamera dan Sejarahnya

Pengertian Kamera dan Sejarah penting dibalik kamera. Saat ini kamera bukan menjadi barang yang umum dibawa setiap orang baik kamera handphone, tablet, kamera DSLR, prosumer, maupun kamera pocket. Namun apakah anda sudah tahu apa pengertian kamera dan sejarahnya? Secara definisi, kamera adalah alat paling umum digunakan dalam aktivitas fotografi. Fungsi kamera yaitu mengabadikan suatu objek menjadi sebuah gambar yang merupakan hasil proyeksi pada sistem lensa.

Untuk yang pertama kalinya, kamera disebut dengan kamera obscura. Obscura artinya ruang gelap dalam bahasa latin. Obscura menjadi cikal bakal kamera. Kamera obscura adalah alat yang terdiri atas ruang gelap atau kotak yang dapat memantulkan cahaya dengan memakai dua lensa konveks, setelah itu menempatkan gambar obyek eksternal itu pada sebuah kertas/film. Penempatan film tersebut ada pada fokus lensa.
Kamera Obscura

Setelah sebelumnya kita tahu pengertian kamera, kini kita beralih pada sejarah kamera. Tahukah anda bahwa penemu kamera pertama kali adalah seorang Muslim namanya Alhazen. Alhazen menemukan kamera obscura dan menerbitkan buku yang berjudul kitab optik (1015-1021) yang mana dalam kitab optik dia menjelaskan tentang mekanisme kamera obscur.

Pada tahun 1600an, ilmuwan Inggris bernama Robert Boyle dan Robert Hooke menemukan kamera portable obscura. Tapi Johan Zahn adalah orang yang pertama kal menemukan kamera praktis nan kecil yang dapat digunakan dalam dunia fotografi tahun 1685. Kelak kamera fotografi banyak menerapkan prinsip Zahn dimana sistemnya selalu menggunakan slide tambahan yang digunakan untuk memfokuskan obyek.

Kamera Daguerre
Pada tahun 1826, Joseph Nicepore Niepce berhasil menciptakan sebuah kamera dan mempublikasikan gambar dari bayangan yang dihasilkan produk kameranya. Gambar tersebut dikenal sebagai foto pertama berupa gambaran kabur atap-atap rumah pada sebuah lempengan campuran timah. Joseph bekerja sama dengan Louis Daguerre dimana Louis mempublikasikan hasil temuannya yaitu gambar yang dihasilkan dari bayangan sebuah jalan di kota Paris pada plat tembaga berlapis perak. Tetapi pada tahun 1833 Niepce meninggal dunia namun tidak mengendurkan semangat Daguerre untuk tetap melanjutkan serangkaian percobaan kameranya. Pada tahun 1837 ia berhasil mengembangkan sistem fotografi praktis yang disebut daguerreotype. Atas hasil kerja kerasnya, pemerintah Perancis menghadiahkan pensiun seumur hiup kepada Daguerre dan keluarga Niepce. Pada thaun 1851 Daguerre meninggal di Perancis dan mewarisi metode daguerreotype dalam dunia fotografi saat itu.

Perkembangan teknologi kamera kini semakin berkembang pesat. Banyak orang yang merasakan manfaat dari perkembangan dunia fotografi digital. Namun demikian apa pengertian kamera dan sejarahnya selayaknya kita ketahui sehingga kita bisa lebih menghargai jasa para penemu kamera yang membuat dunia ini makin lebih indah.

Penasaran, baca info menarik ini :

Copyright © 2015-2016 Artikel Bermanfaat